Senin, 11 Agustus 2014

85% Pasar Smartphone Dikuasai Andorid

85% Pasar Smartphone Dikuasai Andorid



Persaingan smartphone akhir-akhir ini semakin ketat. Bukan hanya kompetisi antar handset, melainkan juga persaingan antar sistem operasinya. Sejauh ini sistem operasi (OS) Android masih memimpin dibanding sejumlah sistem operasi lain.

Hasil survey terbaru Strategy Analitycs menunjukan bahwa sistem operasi buatan Google itu telah menguasai 85% pasar smartphone global pada kuarta II 2014. Hal ini berarti Android dapat menjadi ancaman bagi para rivalnya. Demikian sebagaimana dilansir The Time of India (3/8/2014). 
Pada kuartal II tahun ini, pengapalan ponsel pintar mengalami kenaikan hingga 27% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2013. 


Dengan demikian jumlahnya mencapai 295,2 juta. Sementara dari jumlah tersebut, hampir 85% diantaranya merupakan ponsel pintar berbasis Android. Secara detail, persentase pengguna Android mencapai 84,6 %. 

Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics mengungkapkan ada alasan khusus mengapa sistem Android begitu digandrungi. Satu hal yang jelas adalah layananannya yang murah. Di samping itu, software-nya juga mudah digunakan. Hal inilah yang menjadi daya pikat para pembuat hardware, operator maupun konsumen global.


Lebih lanjut Mawston mengutarakan jika para rival Android harus membuat sesuatu yang revolusioner agar bisa menumbangkan Android. Ia juga menganalisa  jika iPhone dengan layar besar dan ponsel pintar buatan Firefox akan menjadi ancaman serius bagi Android. Sementara itu, Linda Sui,  Direktur di Strategy Analytics mengungkapkan hingga saat ini penjualan smartphone di Amerika Utara dan Eropa sudah lesu, sementara di Asia dan Afrika masih “meledak”.

Hingga kuartal II tahun ini, Android masih menjadi primadona dibandingkan sistem operasi lain. Bertengger dibelakangnya adalah iPhone denga penjualan mencapai 35 juta atau 11,9% penguasaan pangsa pasar. Sistem operasi Windows Phone harus puas di posisi ketiga dengan mengantongi angka penjualan 8 juta unit saja atau penguasaan pasar sebesar 2,7% pada kuartal yang sama. Sementara itu, vendor yang sempat fenomenal di awal tahun 2000-an, BlackBerry harus menerima kenyataan duduk diperingkat ke-4 yang hanya mampu menguasai 0,6% pangsa pasar. 

sumber:beritanet.com

1 komentar:

  1. Kereeeen... Thanks infonya gan!

    Happy Download!! ^^ Blogwalking.. Salam Kena Ganl! :))


    Mampir Yak!! http://psychoislam.blogspot.com/


    Download Home | Nasyid | Ebook | Film/Video | Journal | Islam | Psikologi

    BalasHapus